Home

Jumat, 03 Juni 2011

TRADITIONAL COFFEE ROASTING



Roasting  merupakan cara memasak biji kopi. Ketika biji kopi dimasak, seperti halnya daging, tepung gandum, dan bahan lainnya yang dimasak, ada suatu reaksi kimia yang menyertai. Karakter biji kopi juga berubah. Lebih lama biji kopi itu dimasak, semakin banyak bahan kimia yang berubah karakteristiknya.

Derajat roasting dan nama roasting juga dapat menggambarkan seberapa jauh biji kopi  dipanggang. Ketika kopi di-roasting, kopi berubah menjadi berwarna coklat. Pastinya, biji kopi yang berwarna lebih gelap berarti di-roasting lebih lama. Namun bagaimanapun, me-roasting biji kopi bukanlah suatu hal yang sederhana, sesederhana memasukkannya ke alat pemanggang dan kemudian me-roastingnya. Biji kopi sesungguhnya akan menghasilkan kopi yang berbeda bila di-roasting dalam suhu yang berbeda meskipun hasil akhirnya berwarna sama. Teknik me-roasting kopi merupakan suatu seni, dibutuhkan sense of art disini.

Tidak hanya itu, kopi akan berubah dari endothermic menjadi exotermic selama proses roastingEndothermic berarti menyerap panas dan exothermic berarti menghasilkan panas. Biji kopi benar-benar menghasilkan panasnya sendiri dikarenakan adanya reaksi kimia yang menyerupai reaksi pada semen atau deterjen yang dibasahkan. Reaksi kimia ini menciptakan berbagai komponen yang berpengaruh pada cita rasa kopi.

Dalam proses roasting, biji kopi akan menghasilkan "intisari biji kopi" yang berasal dari reaksi kimia yang terjadi. Intisari  biji kopi itu berupa minyak kopi. Kemudian, minyak kopi menjadi coffeeol. Coffeeol merupakan sejenis minyak yang mengambang, namun juga bersifat dapat larut dalam air. Dengan mengatur prosedur roasting, seseorang dapat mengatur sedikit atau banyaknya minyak kopi yang akan dihasilkan untuk setiap kali proses roasting.
Sebagai tambahan, proses kimia membuat biji kopi menjadi getas. Bila biji kopi ini rapuh, biji akan lebih mudah untuk digiling.

Berikut keterangan warna menurut derajat roasting dan nama-nama yang diberikan:
  • Awal perubahan warna: Straw
  • Coklat terang : Cinnamon, New England, atau Light
  • Coklat medium dengan permukaan kering : American, Brown, or Medium
  • Coklat gelap : High, Light French, Viennese, City, Dark
  • Coklat gelap dengan permukaan berminyak : Dark, Italian, European, French, Continental Spanish, After-dinner, Full-city, Strong
  • Sangat gelap : Dark French, Neapolitan, atau Heavy
  • Hitam dan tampak kering : Charcoal
Di tengah gempuran mesin-mesin roasting otomatis yang sedang digemari masyarakat, ada satu teknik roasting yang sudah diwariskan selama beberapa generasi di kampung kami dan masih istiqomah digunakan, teknik ini menggunakan tembikar sebagai tempat untuk me-roastingnya dan yang menjadi rahasianya adalah biji kopinya harus di-roasting menggunakan kayu bakar. Lho kenapa kok kayu bakar?iya kayu bakar adalah sebuah kunci rahasia dari mantapnya kopi yang dihasilkan dari teknik ini, yang meskipun yang di-roasting hanya jenis kopi robusta kelas bawah tapi tidak mengurangi rasaya yang mantap.

Anda tertarik mencobamya di rumah?......

Penampakan





















(Gambar adalah ilustrasi, sumber www.cikopi.com)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar