Home

Jumat, 15 Juli 2011

ADD ONS IDM TIDAK BISA DIJALANKAN PADA MOZILLA FIREFOX VERSI 4





Perkembangan browser internet semakin cepat dan semakin canggih serta bersaing dengan fitur unggulannya masing-masing yang ditawarkan. Browser yang paling populer dan banyak digunakan saat ini adalah Mozilla Firefox yang baru-baru ini telah merilis versi  terbarunya yaitu Mozilla Firefox versi 4.0. Dengan tampilan yang lebih simpel, load page yang lebih cepat serta berbagai add ons yang semakin bervariasi. Saya pun mengupdate Firefox saya tanpa berpikir lagi, ternyata add-on Internet Download Manager (IDM) yang terinstall di dalam firefox versi lama tidak bisa digunakan lagi setelah update Firefox 4.0 ini. Padahal tidak ada masalah seperti pada Mozilla Firefox versi yang sebelumnya. Pada Mozilla Firefox versi 4.0 ini add ons IDM CC tidak bisa diketemukan atau tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.
Hal itu disebabkan karena pada mozilla versi 4.0 ini memang belum tersedia add ons untuk IDM CC. Sehingga masih banyak terjadi para pengguna yang kemudian kembali mendowngrade Mozilla Firefox ke versi sebelumnya, karena alasan masih bisa dipasang dengan add ons IDM CC.

Add-on firefox dibuat berdasarkan kompatibilitas yang sudah diuji oleh developernya, tapi terkadang ke-update-an sebuah add-on lebih lambat daripada ke-update-an browser itu sendiri, jadinya jika kita meng-update firefox dan ternyata add-on yg tadinya bisa digunakan menjadi tidak bisa digunakan karena add-onnya sudah tidak kompatibel lagi.

Ada cara agar add-on tersebut bisa kita gunakan lagi, walau dengan konsekuensi ketidakcocokan yang berakibat add-on tersebut gagal berjalan atau tidak bisa berjalan sempurna.

Untuk contohnya saya menggunakan add-on dari aplikasi Internet Download Manager (IDM) yang belum mendukung Firefox 4.0. Sebelumnya ada yang belum tau apa itu IDM? IDM aplikasi populer untuk downloader pengganti download manager default dari browser, sebenarnya banyak downloader lainnya tapi IDM-lah yang paling populer dan paling banyak di bajak, he..he..he…

Pertama saya coba praktekkan trik sederhana berikut ini :

  • Sebelumnya saya beranggapan kita sudah memiliki/menginstall IDM dikomputer.
  • Jalankan Firefox lalu klik di Tools – Add-ons kemudian klik tab extentions, lihat disana ada add-on bernama IDM CC 7.xxx yang berwarna abu-abu, itu bertanda bahwa add-on yang dipasang tidak sesuai dengan versi firefox dan dalam status disable.
  • Sekarang buka Windows Explorer dan buka folder ini C:\Program Files\Internet Download Manager lihat disana ada 1 file bernama idmmzcc.xpi
  • Buka file idmmzcc.xpi tersebut dengan program archiver seperti winzip atau winrar. Didalamnya ada beberapa folder dan file, ekstraklah file yang bernama install.rdf
  • bukalah file install.rdf dengan notepad atau program editor teks lainnya, carilah string bertuliskan Firefox (search ada kalau males nyarinya)
  • kalau sudah dapat nanti akan muncul seperti ini misalnya:
<!– Firefox –>
<em:targetApplication>
<Description>
<em:id>{ec8030f7-c20a-464f-9b0e-13a3a9e97384}</em:id>
<em:minVersion>1.5</em:minVersion>
<em:maxVersion>3.6</em:maxVersion>
</Description>
</em:targetApplication>

  • Disitu kita bisa lihat kalau versi terakhir yang didukung sampai Firefox 3.6
  • Sekarang kita buat agar add-on ini bekerja di Firefox 4.0 dan Firefox-firefox selanjutnya, kita bisa ganti seperti ini:
<em:maxVersion>4</em:maxVersion>

  • Atau jika ingin semua versi firefox selanjutnya di dukung tanpa harus kita edit-edit lagi :
<em:maxVersion>*</em:maxVersion>

  • Seperti ini lah setelah di edit:
<!– Firefox –>
<em:targetApplication>
<Description>
<em:id>{ec8030f7-c20a-464f-9b0e-13a3a9e97384}</em:id>
<em:minVersion>1.5</em:minVersion>
<em:maxVersion>*</em:maxVersion>
</Description>
</em:targetApplication>

  • Nah masukkan kembali file tersebut kedalam add-on idmmzcc.xpi (overwrite aja file install.rdf yang ada didalamnya)
Lalu karena file tadi telah kita ubah maka signature file juga sudah berubah, jadi delete-lah folder yang bernama META-INF agar verifikasi file tidak dilakukan saat firefox

Namun dari percobaan yang ribet di atas saya mendapatkan hasil yang kurang memuaskan, IDM saya tetap tidak bisa digunakan.


Hal tersebut tidak perlu saya risaukan lagi karena ada cara lain untuk mengakalinya dan bagi Anda yang akan atau sudah menggunakan mozilla firefox versi 4.0 tidak usah melakukan downgrade untuk dapat memasang add ons IDM CC ini pada browser Mozilla Firefox versi 4 Anda, karena
add ons IDM bisa dijalankan pada Mozilla Firefox versi 4 dengan cara sebagai berikut :

1. Komputer Anda sudah terpasang program Internet Download Manager (IDM)
2. Komputer sudah terpasang mozilla versi 4, kalau yang belum silahkan download Mozilla Firefox versi 4.0. Kemudian lakukan instalasi/upgrade Mozilla Firefox ke versi 4.0
3. Ketika ada tampilan untuk checking add-ons yang sudah terpasang pada versi sebelumnya, maka jangan pilih/sorot pada add ons IDM CC, tapi pilih add ons yang lainnya. Biarkan sampai selesai proses instalasinya.
4. Setelah proses instalasi selesai atau bagi yang sudah terinstal mozilla versi 4, Anda jalankan Mozilla Firefox versi 4.0 tadi kemudian ketikan atau paste pada address bar alamat link berikut :

http://www.internetdownloadmanager.com/idmmzcc/idmmzcc.xpi

5. Kemudian ikuti tampilan yang keluar untuk melakukan instalasi add-ons IDM CC sampai Anda diminta untuk restart mozilla firefox.
6. Kalau Anda berhasil melakukannya, maka ketika di klik kanan pada browser akan terlihat gambar dengan arah panah seperti ini (gambar dimana Internet Download Manager dapat berjalan atau digunakan pada Mozilla Firefox 4)






 Alhamdulillah Akhirnya saya berhasil juga.
Selamat mencoba!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar